a n d t h e n . . . . .

Sunday, March 21, 2004

tadi siang gw abis PA bareng temen-temen gw anak '97.
kita ni emang pada dasarnya punya bawaan doyan berkumpul dan berserikat.
nah, daripada ngumpul2 gak jelas cuman ngabisin duit aja, mending skalian dipake buat PA, biar agak2 diubahkan sikit o:)o:)
so.. gw nih lagi agak-agak holly.. hehehe
mana pengaruh kebaktian tadi pagi juga masih seger :P

trus, tadi siang tu kita ngbahas soal kehendak Tuhan dalam hidup kita, terutama masalah kerjaan.
banyak berkat yang gw dapet tadi. nah... katanya kan kalo berkat dipohul-pohul sendiri, sia-sia! jadi sebaiknya dibagikeun...
so, here u go...

dalam menyelesaikan masalah atau mengambil keputusan, secara manajemen biasanya langkah-langkah yang diambil adalah sbb:
1. merumuskan tujuan kita
2. mengenali dan memperkirakan masalah-masalah yang mungkin bakal kita temuin
3. mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi yang relevan
4. bikin daftar pilihan-pilihan apa yang tersedia, trus bikin pro-kontra list
5. bikin plan A,B, C, or even D buat pilihan-pilihan tadi
6. melakukan rencana tadi.

nah.. itu kan secara 'dunia'nya doang tuwhh...

tadi tu gw dapet bahwa dalam mengambil keputusan apapun, maka kita harus :
1. ikut sama kehendak TuhaN
maksudnya, apapun yang Tuhan inginkan dari hidup kita, kita harus mau, rela untuk tunduk dan patuh.
dan gak setiap kehendak Tuhan itu 'enak', dan untuk itu ada harga yang harus kita bayar.
misalnya tantangan dari orangtua, teman, dan sejenis-jenis itu lah.
ayat-ayat yang berkaitan dengan itu coba baca di Roma 12 : 1-2, Lukas 9:23

2. deket-deket ama Tuhan
seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, ya toh?!! :D
nah, kalo kita semakin deket ama orang, maka kita semakin ngerti sifat orang itu, semakin kita tau apa yang jadi keinginannya. gitu juga dengan Tuhan.. makin kita deket, makin kita ngerti apa yang Tuhan mau.
gimana caranya??? ya rajin-rajin lah baca Firman Tuhan.. gitu...
ayatnya bisa dibaca di Yoh 8:31-32 sama Mazmur 119 : 105 + 130

3. Berdoa dan selalu terbuka sama petunjuk dari Tuhan.
ya.. buat gw berdoa tu kaya' lagi ngobrol-ngobrol aja... so.. dalam doa gw bisa curhat banyak-banyak ama Tuhan.
segala beban gw, gw sampein disitu.
coba baca aja di Filipi 4 : 6, Yakobus 1 : 5, Yohanes 16 : 13, Galatia 5 : 16

4. Minta nasehat orang yang lebih dewasa.
orang dewasa disini bisa siapa saja, pokoknya orang yang kita pandang lebih dewasa, secara jasmani maupun rohani.
dari mereka kita bisa dapet second opinion, yang nantinya jadi bahan pertimbangan kita.
jadi bukan sebagai penentu keputusan. karena gimanapun, keputusan itu tetep di tangan kita sendiri.
cak baca aja di Amsal 15:22, Amsal 12:15

5. Situasi dan Kondisi.
yaa... get real juga lah.... kita liat juga kondisi lapangan gimana.
tapi hal ini jangan dijadikan hal nomer satu. sebaeknya sebelumnya kita udah membangun tameng-tameng dulu, bangun kekuatan, perkuat iman, supaya bisa yakin, gituuu....
ntar kalo mo 'perang' tapi gak pake modal, bisa jiper duluan nek!
tapi yang penting kita punya keyakinan, punya iman, bahwa Tuhan berkuasa menentukan segalanya.
bisa dibaca di Wahyu 3 : 7-8

6. Damai sejahtera
maksudnya, apakah dalam mengambil keputusan itu kita merasa damai, tenang, atau malah semakin ragu-ragu. yang ini juga termasuk dalam langkah-langkah ahir.
coba aja baca di Yesaya 32:7, Kolose 3 : 15

7. Langkah Iman
nah, ini nih bagian pelaksanaannya. mungkin aja sih pilihan kita masih salah.
tapi yang penting adalah kita percayakan semua sama Tuhan. dan tetap melakukan bagian kita dengan tanggung jawab.
toh gimana pun, Tuhan gak mungkin bawa kita pada dosa dan celaka.
yang ini bisa dibaca di Mazmur 37 : 5 dan Amsal 3 :5-6

uhmm... banyak juga ternyata ya...

nah, masih berhubungan dengan itu, tadi pagi di gereja gw juga dapet satu ayat yang cukup menyepet sekaligus menguatkan.
Ayatnya dari Amsal 16 : 9
"Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi Tuhanlah yang menentukan arah langkahnya."
jadi kesepet karena selama ini gw pikir2 gw suka bikin plan sendiri, dan agak2 kurang melibatkan Tuhan.
jadi agak2 over pede gitu deeehh... hehehehhe :D :D :D

yaa.. pokoknya hari ini gw cukup banyak lah diingatkan
emang sih, waktu diomongin mah gampaaang...
tapi dalam menjalankannya, GAK GAMPANG KALI PUN BOSS!!!
karena yang paling berat adalah mempercayakan hidup kita kepada Tuhan, yang artinya menyingkirkan segala keegoan.
dan itu sudah pasti gak gampang! [tell me about it!!]
buat itu gw masih harus banyak belajar dan mengubah diri... huhuhuhuuu... :((

begitulah berkat hari ini...
semoga bisa jadi berkat juga buat teman-teman... :)